Kamis, 21 Februari 2013

Tips Sehat Saat Musim Penghujan Tiba

Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan membuat tubuh harus beradaptasi dengan suhu dan kelembaban udara yang berbeda dari sebelumnya. Proses penyesuaian tubuh terhadap musim pergantian musim seringkali membuat tubuh menjadi rentan terhadap gangguan kesehatan. Apalagi saat musim penghujan tiba, banyak penyakit yang bisa menyerang kekebalan tubuh dan bila tidak dijaga dengan baik maka kemungkinan terjangkit penyakit akan lebih besar.
Beragam penyakit yang sering menyerang manusia ketika musim hujan di antaranya adalah demam, flu, batuk, sesak nafas, penyakit kulit, diare hingga DBD. Apabila penyakit tersebut menyerang tubuh, tentu tubuh menjadi tidak fit dan aktivitas pun menjadi terganggu. Lantas, bagaimana cara agar tubuh tetap sehat saat musim hujan tiba? informasitips menyajikan beberapa tips seperti berikut ini:

Bersihkan Lingkungan. Saat musim hujan, lingkungan menjadi lebih mudah kotor dibandingkan saat musim kemarau. Ini disebabkan karena kelembaban udara yang tinggi membuat sampah-sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya menjadi sarang kuman. Oleh sebab itu bersihkan lingkungan dari tempat-tempat yang mungkin digemari oleh kuman/bakteri. Contohnya dengan cara mengubur sampah, menutup tempat penampungan air, menimbun lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, dan memangkas rumput dan ranting-ranting yang sudah mulai rimbun. Lingkungan yang kotor, lembab, dan teduh akan mengundang nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.


Konsumsi Vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk menjaga stabilitas kekebalan tubuh manusia. Kekebalan tubuh yang lemah sulit untuk beradaptasi dengan perubahan suhu dan rentan terhadap serangan penyakit. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, buah naga, strawberry, dan sebagainya. Konsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan tubuh Kamu akan vitamin C tercukupi, sehingga pada akhirnya akan membantu meningkatkan fungsi sistem imun Kamu.

Makan Ketika Lapar. Saat musim penghujan, nafsu makan menjadi lebih besar dari biasanya. Ini disebabkan karena suhu yang dingin. Tapi sayangnya, saat musim hujan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dari biasanya. Bayangkan, bila Kamu menuruti nafsu makan Kamu yang menggebu-gebu namun tidak didukung dengan proses metabolisme yang baik, tentu akan berujung pada obesitas/kegemukan. Atur cara makan dan posrsi makan Kamu. Usahakan untuk tidak menuruti keinginan mengunyah saat perut belum terasa lapar. Perut yang diiisi terus menerus tanpa pembakaran yang seimbang dalam tubuh tentu tidak akan memberi dampak positif bagi kesehatan Kamu.

Banyak Minum Air Putih. Seringkali kita mengabaikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat musim hujan. Mungkin sebabnya karena saat musim hujan udara menjadi dingin sehingga rasa haus jarang terjadi. Faktanya musim hujan maupun musim kemarau, kebutuhan tubuh akan air tetap sama. Jangan berpikir tubuh hanya butuh air saat Kamu haus. Tapi berpikirlah bahwa segala yang Kamu makan akan dicerna dengan baik apabila ada air yang cukup dalam tubuh. Sebagai saran, pilihlah minuman hangat saat di musim penghujan seperti teh tawar hangat atau wedang jahe.

Tidur Secukupnya. Udara yang dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang berlebihan. Namun jangan hiraukan rasa kantuk tersebut. Tidurlah secukupnya dan jangan melebihi kebutuhan waktu tidur Kamu dalam sehari (normalnya kebutuhan tidur 7-8 jam sehari). Tubuh yang terlalu banyak tidur juga tidak akan baik karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan otot kaku.

Kenakan Pakaian yang Tertutup dan Tebal. Pakaian juga dapat mempengaruhi kesehatan Kamu saat musim penghujan. Pakaian berbahan tipis kurang maksimal untuk menjaga tubuh Kamu agar tetap hangat. Apalagi bila aktivitas Kamu menuntut Kamu berada di luar ruangan lebih lama. Sebaiknya pilih dan kenakan pakaian berbahan tebal seperti rajutan wol dan katun super untuk menghindari Kamu dari rasa dingin berlebihan. 

Sediakan Pelindung Hujan. Pelindung saat cocok bila sewaktu-sewaktu Kamu harus terjebak hujan di tengah jalan tanpa mobil. Pelindung hujan disini bisa berupa mantel hujan atau payung. Bawa salah satunya saat Kamu berpergian kemana saja. Pilih payung yang bisa dilipat agar memudahkan Kamu untuk menyimpannya di dalam tas. Untuk mantel, pilih pula mantel berbahan lentur agar mudah dilipat dan diselipkan di bawah jok sepeda motor Kamu.

Mandi Air Hangat. Udara yang dingin tentu sering membuat Kamu enggan untuk mandi karena merasa tubuh tidak berkeringat. Padahal mandi tetap diperlukan meskipun Kamu sedang tidak berkeringat. Kotoran yang tak kasat mata pada tubuh harus tetap dibasuh minimal dua kali dalam sehari. Bila tidak, kotoran akan mebuat kuman berkembang biak dalam tubuh dan kemudian beresiko terjadinya penyakit kulit. Untuk membuat rutinitas mandi tetap nyaman tanpa efek kedinginan, tidak ada salahnya Kamu mandi menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu membersihkan tubuh Kamu dari kotoran dan tidak membuat Kamu menjadi kedinginan.
Demikianlah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan setiap musim penghujan tiba. Semoga bermanfaat dan membantu Kamu tetap sehat selalu. Selamat mencoba!

sumber: http://informasitips.com/tips-menjaga-kesehatan-saat-musim-hujan-tiba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar